5 Film Indonesia Adaptasi Novel Ini Laris di Pasaran

Fenomena film adaptasi novel saat ini memang sedang melanda berbaga industri perfilman di berbagai negara, tak terkecuali Indonesia. Deretan film terlaris di Indonesia pun berasal dari adaptasi novel, sebut saja Stupid Boss karya [email protected], Laskar Pelangi karya Andrea Hirata, dan Ayat-ayat Cinta milik Habiburrahman El Shirazy.


Tak bisa dipungkiri, film adaptasi novel seringkali diminati oleh para pembuat film. Berikut BookMyShow telah merangkai beberapa film Indonesia adaptasi novel terlaris di Indonesia.


My Stupid Boss (2016)
Film yang diadatasi dari novel karya @chaoswork ini masuk dalam jajaran film Indonesia terlaris 2016. Dilansir dari filmindonesia.or.id, Stupid Boss menduduki posisi ketiga dengan jumlah penonton sekitar 3 juta orang. Film yang dibintangi Reza Rahadian dan Bunga Citra Lestari ini berhasil meraup keuntungan hingga Rp 91 miliar.


Bercerita tentang kisah bos absurd dan karyawannya, film n akan menghadirkan komedi bodoh yang akan mengundang gelak tawa. Disutradarai Upi Avianto, My Stupid Boss juga mengambil lokasi di negara tetangga, Malaysia. Film yang diproduksi oleh Falcon Pictures ini ditayangkan di empat negara, Indonesia, Malaysia, Singaura, dan Brunei Darussalam.


Habibie Ainun (2012)
Reza Rahadian dan Bunga Citra Lestari kembali didapuk menjadi pemeran utama dalam sebuah film adaptasi novel. Diambil dari kisah nyata, film ini diangkat dari memoir yang ditulis Habibie mengenai mendiang istrinya, Hasri Ainun Habibie. Film yang disutradarai Faozan Rizal ini menjadi salah satu  film yang laris di pasaran.


Ayat-ayat Cinta (2008)
Ayat-ayat Cinta bisa dibilang sebagai pelopor awal kehadiran film-film Indonesia adaptasi novel yang laku di pasaran. Berdasarkan novel best seller karya Habiburrahman El Shirazy dengan judul yang sama, film ini menghadirkan kisah cinta antara Fahri (Fedi Nurul) dan beberapa wanita. Berlatarkan kehidupan di Kairo, Mesir, film ini salah satu film religi yang membahas isu poligami dalam Islam.  

Menjadi film yang penuh dengan pembelajaran, Ayat-ayat Cinta menjadi film yang meraih berbagai penghargaan di Indonesia. Tak hanya filmnya yang menuai pujian, Hanung Bramantyo dan Fedi Nuril pun mendapat predikat sebagai Sutradara dan Pemeran Pria Terpuji pada Festival Film Bandung 2008.

 

Laskar Pelangi (2011)

Siapa yang tak pernah mendengar novel Andrea Hirata yang satu ini ? Bercerita tentang 10 anak yang berjuang untuk sekolah di salah satu pulau di Indonesia. Mereka terus berjuang untuk menggapai mimpi-mimpinya. Dalam mencari pemeran tokoh-tokohnya, Sutradara Riri Riza melakukan casting di daerah Belitong dan menggunakan warga lokal sebagai karakter utamanya


Lagi-lagi, film adaptasi novel ini menjadi salah satu film dengan penonton terbanyak di Indonesia. Namun, tak hanya filmnya yang menuai sukses dan pujian. Bahkan original soundtrack yang diisi oleh berbagai musisi Indonesia pun laku di pasaran dan menduduki berbagai tangga lagu Indonesia.

 

Danur
Belum lama ini, publik juga dibuat penasaran dengan salah satu film horor Indonesia satu ini. Diangkat dari kisah nyata, film ini berasal dari sebuah buku yang ditulis oleh Risa Sarasvati dengan judul Gerbang Dialog Danur. Berisi pengalamannya dengan makhluk gaib sebagai gadis indigo, film ini bertaburan bintang muda seperti Prilly Latuconsina, Sandrina Michelle, dan Indra Brotolaras.

 

Sebelum dibuat dalam versi film, Risa harus meminta izin dengan teman-teman hantunya. Beberapa syarat pun diajukan oleh mereka. Bahkan, dalam pemutaran perdananya, pihak penyelenggara menyediakan beberapa kursi kosong yang nantinya akan diisi oleh teman-teman hantu Risa tersebut. Film yang baru dirilis pada Maret 2017 lalu ini langsung melesat ke dalam 10 film Indonesia terlaris sepanjang industri perfilman.  


Lima film di atas hanya beberapa film Indonesia adapatasi novel yang laris di pasaran. Dengan berbagai kelebihan dan kekurangannya, film-film ini bisa menjadi opsi yang menarik untuk ditonton di akhir pekan.

One thought on “5 Film Indonesia Adaptasi Novel Ini Laris di Pasaran”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *