10 Fakta Hugh Jackman Yang Harus Kamu Tahu

Hugh Jackman header

Karakter Wolverine dalam film franchise X-Men sudah sangat lekat dengan nama Hugh Jackman berkat keahliannya memerankan salah satu karakter superhero Marvel tersebut. Aktor kelahiran 12 Oktober 1968 (48 tahun) di Sidney, New South Wales, Australia ini memiliki nama lengkap Hugh Michael Jackman. Beberapa penghargaan bergengsi telah diraihnya dan sempat mencicipi masuk dalam jajaran nominasi Best Actor dalam Oscars 2013.

Simak 10 fakta menarik tentang aktor berbadan kekar Hugh Jackman:

 

Memiliki empat kakak kandung dan satu adik tiri

Hugh Jackman ternyata memiliki 4 kakak yang bernama belakang sama dengannya yakni Ian Jackman, Sonya Jackman, Ralph Jackman, dan Zoe Jackman. Ia juga memiliki satu adik tiri perempuan dari perkawinan ayahnya yang kedua. Hugh ternyata menyimpan kisah mengharukan. Saat masih berusia 18 tahun, ibunya memutuskan bercerai dan meninggalkan keluarganya kembali ke Inggris karena ayahnya, Chris Jackman terlalu sibuk bekerja. Sejak saat itu Hugh belajar untuk selalu menempatkan keluarga di urutan pertama dalam prioritas hidupnya.

Bercita-cita menjadi chef di maskapai pesawat terbang

Hugh kecil yang senang aktivitas outdoor bermimpi untuk bisa menjadi koki yang bekerja di pesawat terbang. Keinginan tersebut muncul karena ia senang membaca atlas saat malam hari sebelum tidur dan langsung membuat keputusan begitu saja. Menurutnya pekerjaan tersebut sangat menyenangkan berdasarkan pengalamannya saat mendapatkan makanan di pesawat. Ia berpikir kalau ia bisa berkelana ke mana saja sambil menikmati makanan masakannya sendiri.

Ingin berkarir sebagai jurnalis internasional

Sebelum terjun ke dunia seni peran, Hugh terlebih dahulu menamatkan pendidikannya di University of Technology, Sidney program studi Komunikasi pada tahun 1991. Keputusannya memilih jurusan tersebut saat kuliah adalah agar dapat menjadi seorang jurnalis profesional berkelas internasional. Seketika semua itu berubah ketika ia mengambil kelas Teori Drama di tahun terakhirnya dan mendapatkan peran utama dalam drama bertajuk The Memorandum karya Václav Havel.

Pernah bekerja sebagai badut ulang tahun

Ternyata jalan panjang harus dilalui Hugh Jackman sebelum menjadi aktor terkenal. Ia bahkan pernah harus menjadi badut panggilan untuk acara ulang tahun. Dilansir dari Dailymail, ia menyatakan sempat dijuluki sebagai ‘Coco the Clown’. Pengalaman buruknya adalah ketika ada anak kecil yang mengadu pada ibunya, “Ibu badut itu tidak lucu, dia tidak tahu trik sulap.” Pekerjaan sebagai badut yang harus melawak berbanding terbalik dengan sifat Hugh yang sebetulnya pemarah.

Damning proof I used to do clowning.

A post shared by Hugh Jackman (@thehughjackman) on

Hugh Jackman adalah pilihan terakhir untuk memerankan Wolverine

Karakter Wolverine yang sampai sekarang seperti sudah menjadi hak paten Hugh Jackman. Ternyata pada awalnya karakter X-Men ini hampir jatuh ke tangan aktor Dougrey Scott. Untung saja Dougrey saat itu sedang berhalangan karena jadwal syuting padat untuk film Mission: Impossible II. Halangan berikutnya adalah ketika istri Hugh, Deborra-Lee Furness menyuruhnya untuk tidak mengambil peran Wolverine, dan kemudian berubah menjadi sangat bangga pada ketika Hugh bersikeras menunjukkan bakatnya.

Hugh Jackman Wolverine superherojacked
Hugh Jackman Wolverine (Foto: superherojacked)

Mengadopsi dua anak

Peristiwa yang berat harus dilalui Hugh Jackman ketika istrinya terpaksa mengalami dua kali keguguran. Tidak ingin mengalami depresi yang terlalu berat, Hugh dan istrinya memutuskan untuk mengadopsi anak. Anak pertama yang diadopsinya bernama Oscar pada tahun 2000. Setelah itu pada tahun 2004 mereka mengadopsi anak perempuan bernama Ava. Kebahagiaan keluarga kecil ini masih terjaga sampai sekarang.

Hampir menjadi James Bond

Pada kurun waktu tahun 2006, studio film franchise James Bond ingin segera memproduksi film Casino Royale (2006). Sebelum peran agen rahasia 007 tersebut jatuh pada Daniel Craig, Hugh Jackman mendapatkan penawaran pertama untuk memerankan peran tersebut. Menurut penuturannya pada British Press Association, ia sedang dalam jadwal yang padat karena baru merampungkan pengambilan gambar film X-Men: The Last Stand (2006), sibuk mempromosikan film The Prestige (2006), dan segera syuting film X-Men Origins: The Wolverine (2009). Hugh tidak mau memerankan dua karakter yang ikonik secara bersamaan.

Bergulat di WWE

Memiliki badan kekar dan postur yang besar memang membuat Hugh Jackman cocok untuk menjadi pegulat. Ternyata itu bukan angan-angan semata. Hugh pernah terlibat dalam World Wrestling Entertainment (WWE) yang membuatnya cukup viral di media sosial. Diketahui alasan Hugh Jackman mengikuti kontes gulat tersebut adalah untuk mempromosikan film barunya Real Steel (2011). Pada saat itu ia bersama Zack Ryder bertanding melawan pegulat Dolph Ziggler dan Vickie Guererro.

Mengidap penyakit kanker kulit

Cobaan yang cukup berat harus dihadapai Hugh Jackman pada tahun 2013 saat ia syuting film X-Men: Days of Future Past (2014). Ia menemukan bercak aneh pada hidungnya yang ia kira adalah bercak darah yang ditimbulkan dari kuku besi Wolverine yang diperankannya. Setelah diperiksa ternyata perkiraannya malah lebih buruk, Hugh Jackman terdiagnosis menderita basal cell carcinoma, salah satu penyakit kanker kulit. Sejak saat itu ia gencar mengampanyekan pemakaian sunscreen karena efek berbahaya yang ditimbulkan oleh sinar matahari.

Film Logan adalah film terakhirnya memerankan Wolverine

Tahun 2017 adalah tahun terakhir kita akan melihat Hugh Jackman memerankan karakter superhero yang sudah begitu ikonik di kalangan para penikmat film-film X-Men. Hugh harus mengakhiri peran Wolverine karena usianya yang sudah tidak muda lagi dan faktor penyakit kanker kulit yang dideritanya. Karakter yang sudah diperankan Hugh selama kurang lebih 17 tahun tersebut akan berakhir dalam film Logan yang rilis bulan Maret 2017.

Itu dia fakta-fakta menarik dari bintang yang memegang rekor dunia penampilan terbanyak dalam film superhero berkat peran Wolverine.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *